Please assign a menu to the primary menu location under menu
tips

Ngga Pakai Ribet, Ini 8 Tips Rekam Video Pakai Smartphone

DUNIARIO. COM –  Siapa yang bilang , merekam pakai smartphone ngga bisa sebagus  Handycam? Itu mah anggapan dulu, kalo  sekarang pasti sudah pasti bisa bingit.

Coba aja perhatikan, saat ini smartphone sudah bisa merekam video dengan resolusi 4K, hasilnya tentu saja bening. Kalo soal kualitas suara, bisa diakali dengan eksternal microphone.

Namun, jika kecanggihan smartphone tersebut  tersebut tidak dibarengi dengan cara pengambilan video yang benar, hasilnya tidak akan memuaskan.

Cara kalian merekam menentukan kualitas video.

Nah, agar mendapatkan hasil yang kualitas video yang baik, simak tips-tips di bawah ini yaaaa.

1. Kenali Bentuk Fisik Smartphone Kamu

Kenali dulu bentuk fisik smartphone kamu. Ketahui dimana letak posisi mikrofon agar dapat  merekam suara dengan baik dan tidak tertutupi tangan ketika sedang merekam.

Biar lebih maksimal kamu dapat membeli eksternal microphone, agar hasil suara lebih  jelas dan jernih.

2. Setting Resolusi Video Terbaik

Langkah selanjutnya  adalah setting kualitas video terbaik untuk mendapatkan hasil rekaman video yang oke.

Misalnya setting ke resolusi full HD atau  4K, tergantung kebutuhan kamu.

Ilustrasi Setting Kualitas Video/Net

3. Jangan Lupa Setting Image Stabilizer

Setelah itu setting image stabilizer on agar tidak goyang ketika sedang merekam. Disarankan menggunakan tripod untuk pengambilan video yang memakan waktu lama.

4. Selalu Cek Kapasitas Memori

Yang tak kalah penting adalah selalu cek  kapasitas memori di Smartphone. Jika kapasitasnya penuh segera buang aplikasi yang tak penting. Hal ini berguna agar  tidak terjadi delay suara di rekaman video.

5. Aktifkan Airplane Mode

Sebelum memulai merekam video, terlebih dahulu  aktifkan airplane mode. Sehingga kamu dapat merekam video tanpa terganggu adanya panggilan telpon. Selain itu jangan gunakan fitur zoom yang akan mengurangi kualitas video

6. Rekam secara Horizontal

Setelah itu atur smartphone kamu merekam secara horizontal, hal ini  berkaitan dengan visual, dimana posisi mata lebih enak menonton di posisi horizontal.

Ilustrasi Rekam Video secara Horizontal/Net

7. Perhatikan Sikap Tubuh ketika Merekam

Saat merekam gunakan kedua tangan agar dapat  meminimalisir getaran.

Trik lainnya adalah jangan terlalu jauh memegang smartphone  karena kamu tidak akan kuat memegang smartphone terlalu lama.

8. Gunakan Fitur Pause

Tips keren lainnya adalah, untuk merekam video sebaiknya menggunakan fitur pause. Fasilitas ini biasanya ada di smartphone android.

Dengan fitur  tersebut kamu dapat merekam video sesuai kebutuhan, sehingga tidak perlu merekam dengan lama.

Nah, untuk berpindah posisi gunakan fitur pause. Sebelum ganti scene, sebaiknya rekam objek lain sebagai penanda sudah berganti scene.

Kamu bisa mendapatkan video yang utuh tanpa perlu diedit di komputer. (Rio Bara)

 

 

 

2 Comments

  • mantab nih tipsnya, sederhana dan mudah diaplikasikan. Sekarang ni, sy masih malas mengolah video, padahal gak ribet ya… kudu ada challenge video baru bisa gerak dan semangat nih…

    • Makasih kakak. Sudah banyak aplikasi di Smartphone yang mempermudah kita bikin video. tinggal rekam, buka aplikasi jadi deh video lengkap

Leave a Reply