Please assign a menu to the primary menu location under menu
Story

Mengenang Cranberries, Selamat Jalan Dolores O’Riordan

But I’m in so deep. You know I’m such a fool for you.

You got me wrapped around your finger, ah, ha, ha.

Do you have to let it linger? Do you have to, do you have to,

Do you have to let it linger?

DUNIARIO.COM –  Sepenggal reffrain lagu dari Cranberries ini sering ku senandungkan dimana pun berada. Ngga tahu kenapa, lagu-lagu Cranberries yang dinyanyikan Dolores O’Riordan ini touchy dan pas banget buatku.

Pertama kali mendengar lagu Cranberries di Yogyakarta, ketika itu aku menempuh sekolah di SMA 10.  Lagu favoritku ini sering kudengar di radio. Jadinya setiap pagi sebelum pergi sekolah dan sore setelah pulang sekolah aku selalu dengarin radio.

Harap maklum, namanya aja pelajar, belum mampu beli kaset apalagi Compact Disc (CD).Bayangkan harga satu CD seharga Rp 70 ribu.

Jadinya aku hanya bisa mendengar lagu-lagu Cranberries selewatnya saja. Lagu pertama  yang kudengar dan pas  di hati berjudul Linger dan Dreams. Kedua lagu ini sangat asyik ku dengar, liriknya kucatat dan sering kunyanyikan.

Namun, aku memendam kerinduan untuk memiliki semua album Cranberries ini dalam bentuk CD. Kapan yaaa, masa kalo sudah kerja sih, pikir ku.

Impian ku baru bisa terwujud di tahun 1998 ketika kuliah di Bandung. Nah, di Bandung ada tempat yang menjual barang bekas, namanya Cihapit.

Di Cihapitlah aku mulai berburu CD bekas Cranberries. Akhirnya aku ketemu dengan album pertama Cranberries dalam kondisi oke banget. Kalo ngga salah harganya Rp 25 ribu.

Rasanya gimana gitu, ada kepuasaan mendengar Dolores O’Riordan bernyanyi di kosan ku di jalan Muararajeun, Bandung.

Pelan tapi pasti aku mulai mengumpulkan setiap album Cranberries, maklum barang bekas. Tunggu ada yang jual dalam kondisi baik baru ku beli.

Lagu Cranberries ini mewarnai hari-hari ku. Ketika lagi happy ku putar lagu Just My Imagination dan Dreams, lagi mellow putar lagu Linger atau lagi rindu rumah putar Ode To My Family.

Lagi  jatuh cinta dengarin lagu You and Me. Atau lagi kesal putar lagu Zombie. Setiap lagu yang dinyanyikan wanita kelahiran 6 Desember 1971 di Ballybricken, Limerick, Irlandia ini bisa bikin perasaan campur aduk.

Tahun 2007 aku memutuskan pulang ke Batam, dan  menjual semua koleksi CD ku termasuk koleksi Cranberries. Tapi sebelum menjualnya aku copy semua CD itu dan kujadikan MP3 dengan kualitas terbaik.

Hari ini, aku aku mendengar kabar duka, Dolores O’Riordan yang meninggal di sebuah kamar hotel di London pada 15 Januari 2018.

Kabar ini ku dengar di TV, saat itu aku lagi ngecat rumah. Aktivitas ngecat ku hentikan dan kulanjutkan kalo lagi sempat. Aku membuka koleksi MP3 ku   dan mendengar lagu-lagu Cranberries.

Ku putar lagu Dying in The Sun dan aku ikut bernyanyi.

 

Will you hold on to me

I am feeling frail

Will you hold on to me

We will never fail

I wanted to be so perfect you see

I wanted to be so perfect

Like dying in the sun

Like dying in the sun

Like dying in the sun

Like dying

 

Kutujukan lagu ini untuk Dolores O’Riordan..

Terimakasih telah mewarnai hidupku dengan lagu-lagu mu. Karya lagu mu akan selalu abadi dan dikenang sepanjang masa.

Selamat Jalan Dolores. (Rio Bara)

 

2 Comments

  • Ini lagi kenangan saat SMP aku juga….. Semoga tenang dia di sana… Setidaknya karyanya tetap bisa kita nikmati sepanjang masa dan memberikan kenangan indah pada hidup kita masing-masing. Tq Rio sudah sharing cerita ini dan mengingatkan saya akan masa-masa remaja (SMP)….

Leave a Reply